MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VA SDN BAKALAN KRAJAN 1 MALANG PADA MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN
Main Author: | RAHMAN, ATIN DWI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31229/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-atindwirah-23029-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31229/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-atindwirah-23029-BAB%2B1.pdf http://eprints.umm.ac.id/31229/ |
Daftar Isi:
- Akar permasalahan dari rendahnya motivasi dan prestasi belajar dikarenakan proses belajar mengajar yang monoton menjadikan siswa bosan, kebosanan serta motivasi yang rendah mengakibatkan prestasi siswa ikut rendah. Persoalan-persoalan diatas sampai sekarang belum ada solusi yang tepat untuk mengatasi persoalan tersebut. Oleh karena itu guru dituntut untuk menemukan sebuah proses pembelajaran yang menyenangkan, yaitu pembelajaran yang bisa melibatkan siswa aktif. Metode bermain peran dirancang untuk melibatkan siswa aktif dengan beberapa keunggulan yang patut diperhatikan dan diterapkan, seperti yang dikatakan oleh (Djamarah & Zain, 2006) bahwa keunggulan bermain peran adalah siswa melatih dirinya untuk berlatih, memahami dan mengingat isi drama yang akan didramakan. Sebagai pemain siswa harus memahami, menghayati isi cerita secara keseluruhan, terutama untuk materi yang akan diperankan. Dengan demikian, daya ingat siswa akan menjadi baik dan tahan lama. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan motivasi dan presasi belajar siswa kelas VA SDN Bakalan Krajan 1 Malang pada materi proklamasi kemerdekaan. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mengatasi rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa dalam proses pembelajaran ips dengan menerapkan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Dalam pelaksanaannya, PTK akan dilaksanakan dalam dua siklus. Siswa yang dijadikan objek tindakan adalah siswa kelas VA SDN Bakalan Krajan I Malang semester genap pada tahun ajaran 2010/2011. Hasil penelitian dari siklus 1 kesiklus 2 mengalami peningkatan motivasi dan prestasi belajar. Motivasi siswa pada siklus 1 mencapai prosentase 69,54%, kemudian pada siklus 2 meningkat menjadi 76,03%. Prestasi belajar siswa berdasarkan pengamatan juga mengalami peningkatan, yaitu 58,03% pada siklus 1 menjadi 75,45% pada siklus 2. Prosentase tersebut mengartikan bahwa taraf keberhasilan tindakan pada siklus 2 telah mencapai target ketuntasan klasikal sebesar 60% dan dikategorikan sangat baik. Jadi penelitian dihentikan pada siklus 2 karena sudah mencapai target ketuntasan klasikal.