PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI PENGARUH GAYA TERHADAP BENTUK DAN GERAK SUATU BENDA PADA SISWA KELAS V B MI AL-HIDAYAH DONOWARIH KARANGPLOSO MALANG

Main Author: Purbaningrum, Nila Putri Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31224/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-nilaputria-23036-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31224/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-nilaputria-23036-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31224/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi belajar siswa dan aktivitas siswa dalam mata pelajaran IPA kelas V B MI Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang yang masih rendah, khususnya materi pengaruh perubahan gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda. Hasil observasi di MI Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang menunjukkan bahwa siswa kelas V B memiliki hasil belajar dan aktivitas belajar tentang perubahan gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda yang kurang maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa masalah yang muncul antara lain siswa mengalami kesulitan dalam menjelaskan pengaruh perubahan gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda, nilai belajar siswa yang rendah, siswa tidak aktif dalam proses belajar mengajar, siswa mudah bosan saat pelajaran berlangsung dan guru lebih aktif dalam proses belajar mengajar. Penyebab rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa tentang pengaruh perubahan gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda ini karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Oleh sebab itu, perlu dilaksanakan metode eksperimen untuk mengatasi masalah tersebut. Permasalahannya adalah Bagaimana penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V B MI Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang pengaruh perubahan gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dikelas V B MI Al - Hidayah Karangploso Malang dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa. Pelaksanan penelitian ini dimulai dari tahap proses indentifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA dengan materi pengaruh gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda. Data tersebut diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan tes. Penelitian ini menempatkan guru sebagai pengamat sedangkan peneliti sebagai pelaksanaan tindakan hal tersebut dilakukan secara kalaborasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi, menyajikan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan presentase ketuntasan belajar sebelum tindakan sebesar 7,69%, siklus I 23, 07 %, dan siklus II 88,46%. Dan siwa juga lebih aktif dalam pembelajaran yang ditunjukkan pada aktivitas belajar siswa pada siklus II 80,7%. Dengan demikian pada materi pengaruh perubahan gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa IPA materi pengaruh perubahan gaya terhadap bentuk dan gerak suatu benda kelas V B MI Al-Hidayah Karangploso Malang.