PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BAGI SISWA KELAS V SD AISYIYAH DINOYO KOTA MALANG

Main Author: Mulyono, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31222/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-mohammadmu-23039-Pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31222/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-mohammadmu-23039-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31222/
Daftar Isi:
  • Penelitian didasari atas pemikiran bahwa pembelajaran IPA di SD â€TMAisyiyah Dinoyo Kota Malang masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, akibatnya siswa terlihat kurang aktif dan berdampak pada pemahaman dan hasi belajar siswa menjadi rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran TGT pada mata pelajaran IPA kelas V SD â€TMAsyiyah Dinoyo Kota Malang; 2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran TGT pada mata pelajaran IPA kelas V SD â€TMAsyiyah Dinoyo Kota Malang. Penelitian ini dilakukan di SD â€TMAsyiyah Dinoyo Kota Malang siswa kelas V yang terdiri dari 12 siswa tahun ajaran 2010/2011. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) observasi, dan d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) pemahaman siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT mengalami peningkatan, hal ini telihat dari banyaknya siswa yang menjawab benar pada tes akhir yaitu, pada siklus I = 38, 88% meningkat menjadi siklus II = 83, 33%; 2) hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT juga mengalami peningkatan, terlihat dari ketuntasan klasikal pada siklus I = 33, 3% meningkat menjadi siklus II = 83, 3%.