Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV MI Mambaul Ulum Karangploso Malang
Main Author: | AMRIYANTO, DEDY ANGGER |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31219/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-dedyangger-23043-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/31219/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-dedyangger-23043-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31219/ |
Daftar Isi:
- Pemilihan judul ini berdasarkan atas pengalaman di lapangan bahwa hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangploso Malang nilai rata-ratanya siswa 61% dan tingkat ketuntasan kelas 64,7%. Kenyataan ini menunjukkan masih rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap pelajaran IPA materi Gaya disebabkan dalam proses pembalajaran guru kurang dalam pemanfaatan media pembelajaran sehingga pemahaman konsep terhadap siswa kurang optimal dan metode yang digunakan guru yaitu menggunakan metode ceramah dan penugasan saja. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan inovasi metode pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa secara optimal. Salah satu metode yang efektif dan efisien adalah metode demonstrasi. Masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode demonstrasi dan apakah dengan metode demonstrasi mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangploso Malang? Penelitian tindakan kelas ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu planning, acting, observing dan reflecting. Tindakan dalam setiap siklus dilakukan dengan cara guru dan siswa melakukan demonstrasi materi gaya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangploso Malang dengan jumlah siswa 17 anak yang terdiri 12 siswa putra dan 5 siswa putri Simpulan yang dapat diambil adalah dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi gaya pada siswa kelas IV MI Mambaul Ulum Karangploso Malang. Menunjukkan presentase hasil belajar rata-rata nilai akhir siswa pada pra siklus sebesar 61%, siklus 1 sebesar 84,7%, dan pada siklus 2 meningkat yaitu sebesar 88,29%. Diperoleh presentase ketuntasan kelas siswa pada pra siklus sebesar 35,19%, siklus 1 sebesar 94,11% dan pada siklus 2 meningkat yaitu sebesar 100%. Penelitian dirasa sudah cukup karena presentase ketuntasan kelas siswa talah mencapai KKM yang telah di tetapkan oleh sekolah yaitu 80% dengan KKM individu 70. Dengan demikian metode demonstrasi menunjukkan lebih efektif dalam pembelajaran IPA, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Berdasarkan data yang diperoleh penelitian telah berhasil dengan presentasi hasil belajar rata-rata nilai akhir siswa 88,29% dan presentase ketuntasan kelas siswa 100% sesuai dengan KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah.