PENINGKATAN KOMPETENSI MENDESKRIPSIKAN PEMBENTUKAN TANAH MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CTL DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering) SISWA KELAS V SDN DANDONG 02 SRENGAT

Main Author: MAULIDAH, DWI SAADATUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31216/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-dwisaadatu-23046-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31216/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-dwisaadatu-23046-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31216/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan karena tidak tercapainya kompetensi belajar siswa mendeskripsikan proses pembentukan tanah dikarenakan (1) proses pembelajaran didominasi oleh metode ceramah, (2) kurangnya keterampilan guru dalam menyediakan pembelajaran yang bermakna, (3) proses pembelajaran lebih terpusat kepada aktivitas guru dan (4) siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena siswa sebagai obyek pembelajar bukan subyek pembelajar. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kompetensi dan untuk dapat meningkatkan kompetensi mendeskripsikan proses pembentukan tanah melalui penerapan pendekatan CTL dengan strategi REACT pada siswa kelas V SDN Dandong 02 Srengat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan pelaksanaan penelitian ini melalui perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Dandong 02 Srengat dengan Subyek penelitiannya adalah guru mata pelajaran IPA kelas V sebagai guru kelas dan siswa kelas V SDN Dandong 02 Srengat yang berjumlah 20 siswa, dengan rincian siswa laki-laki sebanyak 15 anak dan siswa perempuan sebanyak 5 anak. Data dalam penelitian ini berupa pernyataan dan tindakan pada kompetensi mendeskripsikan proses pembentukan tanah. Metode pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan sedangkan teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran REACT pada kompetensi mendeskripsikan proses pembentukan tanah pada siswa kelas V di SDN Dandong 02 Srengat sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kompetensi belajar siswa yang sangat baik pula. Persentase ketuntasan belajar siswa pada pra tindakan adalah sebesar 60%, pada siklus I 85% dan pada siklus II adalah 100%. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan kepada guru kelas V SDN Dandong 02 Srengat untuk menggunakan strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transfering) dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi pembentukan tanah agar hasil belajar siswa meningkat dan lebih optimal.