STRATEGI BERTANYA GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MALANG

Main Author: Irawan, Farisca
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31193/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-fariscaira-23147-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31193/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-fariscaira-23147-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31193/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi peneliti yang ingin menggambarkan strategi bertanya yang digunakan guru dalam proses KBM, serta keanekaragaman pertanyaan dalam interaksi belajar mengajar. Oleh karena itu, strategi bertanya merupakan cara guru dalam memberikan pertanyaan. Hal ini menuntut siswa untuk meningkatkan partisipasi dalam menjawab pertanyaan, membangkitkan minat, mengembangkab pola berpikir dan belajar aktif, setta menuntun proses berpikir dan memusatkan perhatian siswa. Penelitian ini adalah Penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung antara guru dan murid dalam KBM. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 18 Malang dengan subjek penelitian guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII SMP Negeri 18 Malang. Data penelitian ini berupa pertanyaan lisan guru saat mengajar pembelajaran Bahasa Indonesia. Data tersebut diperoleh dengan teknik observasi dan wawancara. Penelitian ini menempatkan peneliti sebagai pengamat dan guru serta siswa sebagai sumber data saat KBM berlangsung. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif, observasi, wawancaran dan pengumpulan dokumen. Dari hasil penelitian diketahui bahwa berbagai macam bentuk pertanyaan guru yang disampaikan kepada siswa berdasarkan materi yang dipelajari. Adapun jenis-jenis pertanyaannya adalah sebagai berikut: pertanyaan permintaan, pertanyaan retorik, pertanyaan mengarahkan atau menuntun, dan pertanyaan menggali, pertanyaan pengetahuan, pertanyaan pemahaman, pertanyaan penerapan / aplikasi, pertanyaan analisis, pertanyaan sintesis, serta pertanyaan evaluasi. Adapun strategi bertanya yang digunakan: mengacungkan tangan, menggunakan kalimat sindiran, serta memerintahkan siswa untuk membacakan tugas sebagai penggali potensi berpikir. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi bertanya guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII SMP Negeri 18 Malang, merupakan cara untuk memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar. Siswa lebih aktif dan kreatif dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh seorang guru. Selain itu, strategi bertanya dapat memotivasi kemampuan berpikir siswa.