TELAAH ABREVIASI PADA ACARA INFOTAINMENT DI TELEVISI SWASTA

Main Author: KHOLIDA, RAHMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31177/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmakholi-21459-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31177/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-rahmakholi-21459-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31177/
Daftar Isi:
  • Bahasa digunakan untuk berkomunikasi untuk membangun hubungan antar sesama di dalam masyrakat. Abreviasi adalah proses penanggalan satu atau beberapa bagian leksem atau kombinasi leksem sehingga jadilah bentuk baru yang berstatus kata. Acara infotainment di televisi swasta identik dengan berita yang menyuguhkan informasi tentang selebritis yang masing-masing memiliki ciri khas penyampaian bahasa. Dengan kekhasan bahasa tersebut dalam acara infotainment banyak ditemukan bentuk abreviasi karena sifatnya yang praktis, ekonomis, dan mempunyai nilai fungsi atau nilai yang sama dalam tindak berbahasa, sehingga banyak masyarakat luas yang belum mengerti tentang bentuk abreviasi yang dimunculkan pada acara infotainment. Hal tersebut menjadikan bahasa infotainment yang muncul di televisi swasta menjadi menarik untuk diteliti, maka penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis bentuk dan pola abreviasi yang di munculkan pada acara infotainment di televisi swasta. Penelitian tentang abreviasi sebelumnya pernah diteliti, namun belum ada yang memfokuskan abreviasi secara keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualaitatif. Yang dimaksud metode kualitatif adalah metode yang digunakan untuk memperoleh data deskriptif berupa kata-kata. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai bentuk dan pola abreviasi yang dimunculkan di dalam acara infotainment. Data penelitian ini berupa kata-kata yang dimunculkan pada acara infotainment di televisi swasta. Pengumpulan datanya dengan teknik dokumentasi dan observasi. Sedangkan teknik dokumentasi dengan cara penetapan koran Kompas edisi bulan Agustus untuk mengetahui jadwal tayang infotainment, selanjutnya teknik observasi dilakukan engan cara pengamatan secara langsung maupun tidak langsung terhadap penggunaan abreviasi pada acara infotainment di televisi swasta. Hasil penelitian menunjukkan bentuk dan pola yang dimunculkan pada acara infotainment. Bentuk abreviasi meliputi tiga pemendekkan yaitu; akronim, singkatan, dan penggalan. Bentuk abreviasi akronim misalnya. Moge abreviasi dari motor gede, bolang abreviasi dari bocah petualang, rosa abreviasi dari rombongan sapi. Bentuk abreviasi singkatan misalnya. Gj abreviasi dari gak jelas, pd abreviasi dari percaya diri, dan pjj abreviasi dari pacaran jarak jauh. Sedangkan bentuk abreviasi singkatan misalnya. Say abreviasi dari sayang, cin abreviasi dari cinta, dan yang abreviasi dari sayang. Sedangkan pola yang muncul pada abreviasi ditemukan pola sebagai berikut. a. Akronim berdasarkan gabungan suku kata, b. Akronim berdasarkan gabungan suku kata, pelesapan frase dan preposisi, c. Akronim berdasarkan gabungan suku kata dan huruf awal atau campuran, d. Akronim gabungan tiga huruf awal, e. Singkatan setiap huruf awal, f. Singkatan huruf awal nama orang, g. Gabungan singkatan dan akronim, h. Penggalan tiga huruf dari suatu kata, i. Penggalan suku kata terakhir