PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) KELAS IV SDN MANGGUAN I KECAMATAN PASREPAN KABUPATEN PASURUAN

Main Author: SANTOSO, MARTSANDY CRISTIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31173/1/jiptummb--martsandyc-27234-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31173/2/jiptummb--martsandyc-27234-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31173/
Daftar Isi:
  • Hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti pada SDN Mangguan I Kecamatan Pasrepan Kabupaten Pasuruan menunjukkan bahwa penyebab rendahnya hasil belajar antara lain: 1) Siswa lebih belajar secara individu (sendirisendiri), 2) Guru hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) serta memperoleh gambaran mengenai ketuntasan pembelajaran menggunakan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi selama pembelajaran berlangsung. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan upaya untuk memecahkan masalah yang timbul di kelas. Penelitian Tindakan Kelas mempunyai 4 tahap, yakni : Perencanaan (Planning), Tindakan dan Pengamatan (Action and Observation), Refleksi (Reflective) dan Revisi (Revise). Penggunaan Pendekatan Cooperative Learning Tipe TGT (Teams Games Tournament) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Hal ini dapat dilihat dari Hasil tes evaluasi siklus I siswa yang tuntas adalah 7 siswa (43,75%), sedangkan yang tidak tuntas adalah 9 siswa (56,25%). Sedangkan Hasil tes evaluasi siklus II siswa yang tuntas adalah sebanyak 13 siswa (81,25%) sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa (18,75%).