MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP DASAR PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT POSITIF DAN NEGATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TUTUP BOTOL DAN KELERENG PADA SISWA KELAS IV DI SDN ORO-ORO OMBO 03 BATU

Main Author: HARTONO, BUDI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31130/1/jiptummb--budiharton-27270-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31130/2/jiptummb--budiharton-27270-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31130/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini disusun dengan tujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN Oro-oro Ombo 03 Batu pada materi pembelajaran Konsep Dasar Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dan Negatif yang belum mencapai target Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas dengan menggunakan media Tutup Botol dan Kelereng. Subyek Penelitian adalah siswa kelas IV SDN Oro-oro Ombo 03 Batu tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 28 0rang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data penelitian tentang prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes. Data tentang tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan dikumpulkan melalui angket. Selanjutnya data dianalisis secara dekriptif. Hasil penelitian menunjukan : a. Prestasi hasil belajar meningkat setelah pembelajaran matematika tentang Konsep Dasar Penjumlahan Bilangan Bulat Positif dan Negatif pada siswa kelas IV SDN Oro-oro Ombo 03 Batu dengan menggunakan Media Tutup Botol dan Kelereng. b. Nilai rata-rata prestasi hasil belajar prasiklus : dengan prosentase ketuntasan 28,6%, nilai rata-rata kelas 56,7. Pada siklus I prosentase ketuntasan mencapai 53,7% dengan nilai rata-rata 65,36. Pada akhir siklus II nilai rata-rata 79,6 dengan ketuntasan belajar mencapai 82,1%. Hal ini terbukti bahwa dengan menggunakan media tutup botol dan kelereng, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan keberhasilan pembelajaran dari siklus I ke siklus II diharapkan para guru dapat menggunakan media tutup botol dan kelereng, atau dengan menggunakan bahan lain yang ada di lingkungan belajar siswa.