PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI IPA MATERI PEMBENTUKAN TANAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SAVI (Somatis Auitory Visual Intellectual) SISWA KELAS V SDN TEGALWERU I DAU KABUPATEN MALANG

Main Author: ULFA, HILDA MARIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31126/1/jiptummb--hildamaria-27478-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31126/2/jiptummb--hildamaria-27478-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31126/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi awal yang peneliti lakukan di kelas V SDN Tegalweru Dau Malang, didapatkan fakta bahwa pada saat pembelajaran IPA guru dominan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab selama pembelajaran. Hal ini menyebabkan aktivitas belajar siswa cenderung pasif. Selain itu hasil belajar siswa rata-rata 64,18. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu dilakukan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intellectual). Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bidang studi IPA materi pembentukan tanah melalui model pembelajaran SAVI siswa kelas V SDN Tegalweru I Dau Kabupaten Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian siswa kelas V SDN Tegalweru Dau Malang yang berjumlah 32 siswa, dengan rincian siswa laki-laki sebanyak 16 anak dan siswa perempuan sebanyak 16 anak. Data dalam penelitian ini berupa pernyataan dan tindakan pada materi proses pembentukan tanah.. Pelaksanaan PTK yang digunakan peneliti meliputi empat tahapan, 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: observasi, dokumentasi, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan pembelajaran IPA pada siswa kelas V di SDN Tegalweru Dau Malang. Hal ini ditunjukkan dengan adanya keberhasilan guru dalam menerapkan model pembelajaran SAVI. Hasil ketuntasan belajar siswa pada saat pra tindakan sebesar 65,62% dengan rata-rata 64,18, siklus I sebesar 78,12% dengan nilai rata-rata 75,43 dan pada siklus II prosentase meningkat 93,75% dengan nilai rata- rata 87,50. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan pembelajaran IPA siswa kelas V SDN Tegalweru Dau Malang. Disarankan agar guru menerapkan model pembelajaran SAVI (Somatis Auditory Visual Intellectual) dalam pembelajaran IPA.