MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN TEMPEL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 2 SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG
Main Author: | RAHMAWATI, ANIS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31110/1/jiptummb--anisrahmaw-27486-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/31110/2/jiptummb--anisrahmaw-27486-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/31110/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya atau belum tercapainya hasil belajar siswa sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada mata pelajaran Matematika di SD Muhammadiyah 08 DAU Malang. KKM yang ditentukan oleh pihak sekolah pada mata pelajaran Matematika adalah 60 dan untuk ketuntasan klasikal 70%. Sedangkan pada materi bangun datar sederhana, jumlah siswa yang memenuhi KKM hanya 12 dari 27 siswa. Hal ini disebabkan kurangnya media yang digunakan guru untuk menyampaikan materi. Penerapan media papan tempel diterapkan peneliti sesuai dengan pemasalahan yang ada di lapangan agar mampu memperbaiki hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemahaman konsep bangun datar dengan menggunakan media papan tempel. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu setiap siklus dimulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan data yang terkumpul dalam penelitian ini, pada siklus I rata-rata ketuntasan siswa sebesar 62,96%, sedangkan pada siklus II rata-rata ketuntasan siswa meningkat menjadi 81.48%. Siklus II diperoleh 22 dari 27 siswa yang telah mencapai KKM 70 sehingga penelitian ini dihentikan karena pada siklus II pencapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal terpenuhi. Dapat diambil kesimpilan bahwa menggunakan media papan tempel dapat meningkatkan hasil belajar siswa SD Muhammadiyah 08 DAU Malang. Disarankan kepada tenaga pendidik untuk menggunakan media yang mendukung agar proses pembelajaran dan hasil belajar siswa berjalan efektif.