PENGGUNAAN MEDIA KANTONG PLASTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP PENJUMLAHAN TEKNIK MENYIMPAN KELAS I SDN PAGERTANJUNG II PLOSO JOMBANG

Main Author: DJUWARIYAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31084/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-djuwariyah-23128-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31084/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-djuwariyah-23128-BAB%2B1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31084/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang adanya pemahaman siswa kelas I tentang penjumlahan dengan teknik menyimpan, keaktifan belajar dan kreatifitas belajar siswa SDN Pagertanjung II yang masih rendah. Guru hanya menggunakan metode ceramah, media pembelajaran yang kurang menarik serta guru masih dikejar kurikulum yang harus selesai. Siswa merasa bosan dan kurang mengerti tentang materi penjumlahan dengan teknik menyimpan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keberhasilan media kantong plastik pada pembelajaran Matematika dalam meningkatkan prestasi belajar serta untuk mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran Matematika kelas I SDN Pagertanjung II dengan menggunakan media kantong plastik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN Pagertanjung II Ploso dengan subjek penelitian siswa kelas I yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes dan observasi, penilaian dilaksanakan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang dilakukan pada pembelajaran Matematika menggunakan media kantong plastik melalui tentang penjumlahan aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan dari 59% menjadi 91,2% dan 66,7% menjadi 100% sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 90 % pada siklus II. Hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan media kantong plastik dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang penjumlahan siswa kelas I SDN Pagertanjung II Ploso Jombang.