PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN PECAHAN SISWA KELAS IV SDN MANCAR 03
Main Author: | FADHILAH, SITI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31083/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-sitifadhil-23129-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31083/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-sitifadhil-23129-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31083/ |
Daftar Isi:
- Matematika adalah ilmu yang mendasari perkembangan teknologi modern, mempunyai peranan penting dalam berbagai disiplin ilmu dan memajukan daya pikir manusia. Pada kenyataannya matematika sering dianggap sebagai mata pelajaran yang silit dan susah untuk dimengerti. Indikasinya dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Selama ini umumnya siswa hanya bermodal menghafal untuk menyelesaikan soal-soal matematika. Hal tersebut dikarenakan matematika bersifat abstrak dan membutuhkan pemahaman konsep. Faktor lain yang berpengaruh adalah cara mengajar guru yang kurang tepat. Pembelajaran yang biasa diterapkan selama ini menggunakan metode ekspositori, di mana pembelajaran berpusat pada guru, siswa pasif, dan kurang terlibat dalam pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada kegiatan pra siklus sebesar 55 (nilai rata-rata kelas) atau 45% dari jumlah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode Make A Match mata pelajaran matematika materi Penjumlahan Pecahan kelas IV SDN Mancar 03 Peterongan Jombang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian siswa kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes (observasi). Kriteria keberhasilan penelitian ini tentang hasil belajar matematika adalah 80 (nilai rata-rata kelas) atau 80% dari 14 umlah siswa kelas IV yang berhasil mencapai KKM sebesar 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : adanya peningkatan hasil belajar siswa dari kegiatan Prasiklus ke siklus I yaitu dari nilai rata-rata 55 menjadi 69, dan peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari rata-rata 69 menjadi 84. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 29 (nilai rata-rata kelas). Jika ditinjau dari pencapaian persentase ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu : pada kegiatan prasiklus 45%, pada siklus I meningkat menjadi 64% dan pada siklus II meningkat menjadi 85%. Persentase hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 40%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa : Penerapan metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika siswa kelas IV SDN Mancar 03 Kecamatan Peterongan Kabupaten Jombang.