PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI PERKALIAN BILANGAN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II SDN SIDOMULYO KECAMATAN MEGALUH KABUPATEN JOMBANG
Main Author: | RAHMAWATI, RINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31082/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-rinarahmaw-23223-Pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/31082/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-rinarahmaw-23223-BAB%2B1.pdf http://eprints.umm.ac.id/31082/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran matematika di SDN Sidomulyo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang yang selama ini menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan tidak menggunakan media dan belum menggunakan media pendukung dan masih menggunakan media pokok ( buku dan papan tulis ) hal ini menjadikan hasil pembelajaran yang dicapai oleh siswa kurang maksimal. Dengan metode tersebut hasil yang diperoleh hanya 10 dari 22 siswa yang kemampuan perkaliannya baik dan 12 siswa berkemampuan kurang dengan prosentase ketuntasan 45%.. Oleh karena itu perlu digunakan metode dan media yang cocok untuk kelas II dan metode tersebut. Penggunaan media gambar yang dimaksud di sini adalah penggunaan beberapa gambar yang diharapkan mampu memotivasi belajar siswa dan sekaligus memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Bagaimana peningkatan prestasi belajar matematika pada pokok bahasan perkalian di kelas II SDN Sidomulyo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang dengan menggunakan media gambar.Bagaimana mengetahui aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran matematika pada pokok bahasan perkalian menggunakan media gambar di kelas II SDN Sidomulyo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar materi perkalian bilangan melalui madia gambar pada siswa kelas II SDN SidomulyoKecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Penelitian ini dilakukan dalam tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi Pwenelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pembelajaran dengan menggunakan media gambar pada pembelajaran matematika materi perkalian sebagai penjumlahan berulang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN Sidomulyo Kecamatan Megluh Kabupaten Jombang. Prosentase keberhasilan siswa mengalami peningkatan dari 55 % dari siklus 1 menjadi 77 % pada siklus 2. Aktivitas siswa menggunakan media gambar pada pembelajaran matematika materi perkalian sebagai penjumlahan berulang mengalami peningkatan. Berdasarkan dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi perkalian sebagai penjumlahan berulang ada peningkatan . Karena itu hendaknya guru dapat menbggunakan media yang tepat untuk setiap pembelajaran agar mendapatkan hasil yang maksimal.