PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM "MENENTUKAN PECAHAN SENILAI "PADA SISWA KELAS IV SDN NGOGRI I MEGALUH KABUPATEN JOMBANG

Main Author: PRAMONO, LESTARI DWI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31077/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-lestaridwi-23228-Pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31077/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-lestaridwi-23228-bab%2B1.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31077/
Daftar Isi:
  • Proses pembelajaran matematika khususnya materi tentang pecahan senilai di sekolah dasar membutuhkan ketrampilan tersendiri dari guru untuk mampu mengelola kegiatan pembelajaran dengan baik sehingga setelah pembelajaran selesai siswa mempunyai kemampuan dan ketrampilan yang memadai tentang pecahan senilai. Kemampuan guru dalam pembelajaran matematika materi pecahan sering menemui kendala dan hambatan yang pada tahapan selanjutnya relative dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam bidang studimatematika. Langkah nyata yang biasa digunakan oleh guru adalah mengelola kegiatan belajar mengajar di kelas yang menjadi tanggung jawabnya dalam upayanya meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan pecahan senilai yaitu dengan menggunakan tabel perkalian. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh kegiatan dalam meningkatkan ketrampilan dan kemampuan dasar pemahaman tentang pecahan senilai pada siswa kelas IV semester II SDN Ngogri Megaluh Jombang Dengan adanya media perkalian diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan pecahan senilai, metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan obeservasi tujuanya untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Setelah melalui serangkaian tahapan proses penelitian, didapatkan seperangkat data yang dari tes dan observasi bahwa pada siklus I hasil belajar siswa meningkat 60% dan hasil siklus II meningkat menjadi 90% data ini dianalisis untuk mengetahui tingkat keberhasilan penelitian penggunaan media tabel perkalian dalam menentukan pecahan senilai pada siswa kelas IV SDN Ngogri Megaluh Jombang dapat ditingkatkan. Bahwa penggunaan media tabel perkalian dalam materi pecahan senilai dapat meningkatkan hasil belajar siswa