PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SISWA KELAS IV SDN REJOAGUNG PLOSO JOMBANG TERHADAP OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SEDERHANA
Main Author: | ADMIYANINGSIH, AMBAR EKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31059/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-ambarekaad-23260-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31059/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-ambarekaad-23260-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31059/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan karena adanya prestasi belajar matematika materi operasi hitung kelas IV SDN Rejoagung Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang yang ditujukan nilai yang dibawah KKM. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini secara umum adalah mengetahui hasil belajar siswa IV SDN Rejoagung tahun pembelajaran 2010/2011. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Rejoagung Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang guru menggunakan media yang tepat sehingga penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran operasi hitung bilangan bulat dapat meningkat sesuai yang diharapkan. Penilaian ini berlangsung dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu : Perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, defleksi. Data yang dihimpun berupa data pengamatan aktifitas dan nilai siswa. Hasil penelitian diatas menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aktivitas siswa 61% (siklusI) menjadi 84% (siklus II). Rata-rata nilai uji kompetensi 61,6 (siklus I) menjadi 85% (siklus II). Hal ini menunjukkan terjadi peningkatan baik dalam proses maupun hasil belajar siswa.