PENGGUNAAN MEDIA GELANG KARET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 2 SDN BURENGAN 3 KECAMATAN PESANTREN KOTA KEDIRI
Main Author: | MUJIONO, MOH. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31051/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-mohmujiono-23273-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/31051/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-mohmujiono-23273-BAB%2B1.pdf http://eprints.umm.ac.id/31051/ |
Daftar Isi:
- Proses pelaksanaan pembelajaran di SDN Burengan 3 Kediri yang disajikan masih menggunakan ceramah dan tanya jawab yang mana mengakibatkan proses pembelajaran kurang efektif dan efisien, sehingga siswa kurang tertarik dan jenuh, keliru dalam konsep perkalian, serta kurang tanggap terhadap pembelajaran Matematika. Hal ini berpengaruh pada peningkatan pemahaman konsep perkalian dalam pembelajaran Matematika sangat kurang, sehingga nilai siswa rendah. Masalah yang dihadapi oleh siswa karena nilai rendah antara lain kondisi siswa yang selalu tegang, dan kurangnya motivasi dari dalam diri siswa sendiri dalam mengikuti pembelajaran Matematika, keliru dalam konsep perkalian. Berdasarkan keadaan tersebut peneliti melakukan suatu tindakan alternatif untuk memecahkan masalah yang ada yaitu dengan salah satu pembelajaran media gelang karet agar siswa tidak tegang dan bergairah dalam belajar secara kelompok, sehingga akan menimbulkan minat dan motivasi yang tinggi dalam pembelajaran Matematika. Sehubungan dengan keunggulan dari media gelang karet maka peneliti bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan pemahaman konsep perkalian siswa kelas II SDN Burengan 3 Kediri dalam pembelajaran Matematika pokok bahasan melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka dengan pembelajaran media gelang karet. Berdasarkan data yang diperoleh pada pelaksanaan PTK siklus I rata-rata 66,50 siswa yang tuntas 11 siswa atau 55%, sedangkan pada pelaksanaan siklus II rata-rata 78,00 siswa yang tuntas 18 atau 90% dari jumlah siswa 20 yang mana sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70% di SDN Burengan 3 Kediri. Maka peneliti menunjukkan adanya perubahan ke arah pencapaian tujuan. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran media Gelang karet dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian dalam pembelajaran Matematika siswa kelas II SDN Burengan 3 Kediri.