PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD(Student Teams Achievement Division) PADA SISWA KELAS 3 SDN PAKUNDEN I KEC. PESANTREN KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2010-2011
Main Author: | FRELYANA, RISTA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31050/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-ristafrely-23274-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/31050/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-ristafrely-23274-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31050/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Keberhasilan proses kegiatan belajar pembelajaran dapat dilihat dari tingkat pemahaman konsep dan penguasaan materi serta prestasi belajar siswa.Kenyataan yang terjadi di Kelas 3 SDN Pakunden 1 Kec. Pesantren Kota Kediri menunjukkan kemampuan penguasaan materi pembelajaran IPA siswa rata-rata rendah. Berdasarkan hasil ulangan tengah semester IPA kelas 3 SDN Pakunden 1 yang dilakukan pada bulan Maret 2011 dari 30 siswa yang mendapat nilai sesuai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang ditetapkan oleh sekolah sebesar 6,8 hanya 40% atau 12 siswa sedangkan 60 % atau sekitar 18 siswa memperoleh nilai di bawah KKM. Hal tersebut dikarenakan siswa tidak aktif dalam pembelajaran dan keadaan siswa di kelas yang heterogen. Untuk mengatasi masalah tersebut maka guru menciptakan suasana belajar yang melibatkan siswa secara aktif, serta memperhatikan kondisi kelas yang heterogen. Guru memerlukan metode yang menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara siswa, yang memungkinkan siswa ditempatkan dalam kelompok dengan anggota campuran. Hal ini sangat sesuai dengan gagasan utama dari pembelajaran kooperatif tipe STAD. Siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerjanya, jenis kelamin dan suku, sehingga pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pelaksanaan penggunaan Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) serta mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas 3 SDN Pakunden 1 Kec. Pesantren Kota Kediri. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus. Waktu Penelitian pada siklus I dilaksanakan pada hari Jumâ€TMat tanggal 3 Juni 2011, dan siklus II dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Juni 2011 Penelitian ini dilakukan siswa kelas 3 SDN Pakunden 1 Kec. Pesantren Kota Kediri yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar yang berupa kuis. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini meliputi analisa aktivitas siswa dan analisa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division)pada pembelajaran IPA, penilaian aktivitas siswa pada siklus I siswa yang aktif mencapai 26,6% dan meningkat pada siklus II mencapai 96,6%. Meningkatnya aktivitas siswa berpengaruh pada prestasi belajar siswa dengan ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I mencapai 66,6% meningkat pada siklus II mencapai 93,33%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dapat meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar IPA pada siswa SDN Pakunden 1 Kec. Pesantren Kota Kediri Tahun Pelajaran 2010-2011.