PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SUMBER ENERGI MELALUI PENERAPAN METODE INQUIRI SISWA KELAS II SDN KEDUNGJATI I KECAMATAN KABUH KABUPATEN JOMBANG
Main Author: | RAHAYU, TITIK |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/31048/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-titikrahay-23277-Pendahul-_.pdf http://eprints.umm.ac.id/31048/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-titikrahay-23277-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/31048/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran tentang sumber energi siswa kelas II SDN Kedungjati I, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang menunjukkan aktifitas siswa masih rendah. Rendahnya aktifitas siswa terlihat siswa kurang aktif dalam menjawab maupun mengajukan pertanyaan, siswa hanya mencatat kesimpulan hasil pembelajaran ketika diminta oleh guru untuk mencatat, siswa juga masih bergantung dengan temannya ketika mengamati hasil percobaan. Rendahnya kemampuan siswa dalam aktifitas proses pembelajaran mengakibatkan siswa tidak mampu untuk mengembangkan daya pikir ke arah yang lebih luas. Inilah yang menyebabkan siswa sulit untuk memahami materi-materi yang dipelajarinya, mereka cenderung menghafal konsep-konsep tanpa memahami isi dari konsep tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat melibatkan peran aktif siswa yang memberikan kesempatan untuk menemukan konsep sendiri melalui daya pikir, nalar dan kreatifitas melalui metode inquiri. Jenis peneliti ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan terdiri dari perencanaan,tindakan, pengamatan dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus denga 4 kali pertemuan. Sasaran penelitiannya yaitu kelas II yang terdiri dari 32 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang sumber energi pada siswa kelas II SDN Kedungjati I, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang dengan menggunakan metode inquiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terlihat adanya peningkatan pemahaman konsep di lihat dari rata-rata yang dicapai oleh siswa pada akhir pembelajaran dari siklus I ke siklus II 80,90 dan 82,27. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan metode inquiri dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang sumber energi bagi kehidupan sehari-hari pada siswa kelas II SD.