PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP GERAK BENDA DAN BENTUK SUMBER ENERGI MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS III SDN KABUH II KABUH JOMBANG

Main Author: IRWANDANI, NUR
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/31044/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-nurirwanda-23281-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31044/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-nurirwanda-23281-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/31044/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang adanya pemahaman siswa kelas III tentang konsep gerak benda, keaktifan belajar dan kreatifitas belajar siswa SDN Kabuh II yang masih rendah. Siswa masih terpancang pada perintah dan tugas-tugas yang diberikan dari guru serta siswa kebingungan dan kurang mengerti tentang konsep gerak benda karena guru hanya menggunakan metode ceramah, media pembelajaran yang kurang menarik serta guru masih dikejar kurikulum yang harus selesai. Sehingga siswa merasa bosan dan kurang mengerti tentang materi konsep gerak benda Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan metode inquiry pada Pembelajaran IPA tentang Konsep Gerak Benda siswa kelas III SDN Kabuh II dan untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk mendeskripsikan konsep gerak benda pada pembelajaran IPA kelas III SDN Kabuh II Kabuh. Metode Inquiry adalah suatu proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi dan atau eksperimen untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN Kabuh II dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 28 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes dan observasi, penilaian dilaksanakan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang dilakukan pada pembelajaran IPA menggunakan metode inquiry tentang konsep gerak benda aktivitas siswa mengalami peningkatan dan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 92 % pada siklus II. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode inquiry dapat meningkatkan aktifitas dan pemahaman siswa terhadap materi konsep gerak benda dan bentuk sumber energi siswa kelas III SDN Kabuh II Kabuh Jombang