PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP PERPINDAHAN PANAS KELAS IV SDN MUNUNGKEREP II KABUH JOMBANG

Main Author: SARI, YUNEVA DWI PRASSITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30895/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-yunevadwip-23284-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30895/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-yunevadwip-23284-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30895/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang adanya pemahaman siswa kelas IV tentang perpindahan panas, keaktifan belajar dan kreatifitas belajar siswa SDN Munungkerep II yang masih rendah. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang kurang tepat, media yang kurang menarik dan pembelajaran yang monoton. Tujuan penelitian ini mengetahui penerapan metode eksperimen pada Pembelajaran IPA tentang Perpindahan panas siswa kelas IV SDN Munungkerep II Kabuh dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang perpindahan panas pada pembelajaran IPA kelas IV SDN Munungkerep II Kabuh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN Munungkerep II Kabuh dengan subjek penelitian guru kelas IV serta siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes dan observasi, penilaian dilaksanakan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang dilakukan pada pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen tentang perpindahan panas aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan dari 59% menjadi 91,2% dan 57% menjadi 100% dan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 90 % pada siklus II. Penerapan metode eksperimen pada Pembelajaran IPA tentang Perpindahan panas siswa kelas IV SDN Munungkerep II Kabuh berhasil dengan baik. Hal ini bisa terlihat dari proses pembelajaran pada penerapan metode eksperimen sesuai dengan sintaks pembelajaran metode eksperimen. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi perpindahan panas siswa kelas IV SDN Munungkerep II Kabuh Jombang