PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN " SPOON AND FORK " UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SDN PULE KECAMATAN JATIKALEN KABUPATEN NGANJUK

Main Author: SAIFULLAH,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30881/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-saifullah0-23288-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30881/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-saifullah0-23288-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30881/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang adanya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV tentang operasi hitung bilangan bulat belajar bilangan bulat siswa SDN Pule yang masih rendah. Karena guru masih kurang memanfaatkan media pembelajaran, siswa tidak berani bertanya tentang materi yang belum jelas dan pasif dalam pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan kurang mengerti tentang materi operasi hitung bilangan bulat, menyebabkan siswa belum memahami konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat Tujuan penelitian ini mengetahui untuk mengetahui keberhasilan media Spoon and Fork pada pembelajaran matematika dalam meningkatkan hasil belajar serta untuk mengetahui aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika kelas IV SDN Pule dengan menggunakan media Spoon and Fork. Media Spoon and Fork adalah media yang digunakan untuk membantu siswa memahami operasi hitung bilangan bulat. Media Spoon and Fork ini terdiri dari sendok berwarna merah dan garpu berwarna hijau. Sendok menunjukkan bilangan bulat positif dan garpu menunjukkan bilangan bulat negatif. Serta sendok dan garpu yang berpasangan menunjukkan bilangan nol. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN Pule Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk dengan subjek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 7 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes dan observasi, penilaian dilaksanakan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan hasil observasi dan tes yang dilakukan pada pembelajaran matematika menggunakan media kartu bilangan tentang operasi hitung bilangan bulat aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan dari 83% menjadi 86% dan 86% menjadi 100%, sedangkan ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 71,43 % meningkat menjadi 85,71 % pada siklus II. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan media Spoon an Fork dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SDN Pule Kecamatan Jatikalen Kabupaten Nganjuk