PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SEJARAH KENAMPAKAN ALAM SOSIAL DAN BUDAYA DENGAN PENDEKATAN PARTISIPATORIS PADA SISWA KELAS IV SDN SAMBONGREJO II GONDANG BOJONEGORO

Main Author: NYIATIK,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30822/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-nyiatik083-23308-PENDAHUL-_.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30822/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-nyiatik083-23308-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30822/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran IPS pada pelaksanaannya haruslah diupayakan dalam kondisi pembelajaran yang kondusif dalam arti pembelajaran itu harus bersifat aktif, efektif, inovatif, dan menyenangkan maka dari itu peranan dan fungsi guru dalam pembelajaran harus dapat memberikan warna dan bentuk terhadap proses pembelajaran dan dapat menciptakan situasi kelas yang kondusif. Metode pembelajaran yang diterapkan masih didominasi oleh penggunaan metode ceramah sehingga sebagian besar siswa masih pasif dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Bila guru bertanya tidak ada siswa yang dapat menjawab dengan baik. Demikian pula,bila diberikan kesempatan bertanya,sangat jarang siswa mengajukan pertanyaan. Keadaan tersebut mengindikasikan rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa. Sehubungan dengan hal diatas, pendekatan mengajar yang digunakan oleh guru hendaknya dapat memotivasi gairah siswa dalam belajar secara inovatif dan kreatif. Pendekatan mengajar yang digunakan guru dalam interaksi belajar mengajar merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dan kelancaran proses pembelajaran. Berkaitan dengan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Permasalahan yang diajukan adalah bagaimana penerapan pendekatan partisipatoris dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas IV di SDN Sambongrejo II Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro dalam mata pelajaran IPS pokok bahasan sejarah kenampakan alam sosial dan budaya? Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV semester II di SDN Sambongrejo II Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 12 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes dan observasi. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan data observasi evaluasi pada siklus I 66,7% siswa mencapai ketuntasan, sementara standar ketuntasan kelas yang ditentukan adalah 70%, maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Hasil nilai siswa pada siklus II mencapai 91,6% yang sudah mencapai ketuntasan, peningkatan mencapai 24,9%. Dari hasil siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan dengan pendekatan partisipatoris dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SDN Sambongrejo II Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2010/2011.