PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM KONSEP PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT MELALUI METODE SIMULASI PADA KELAS IV SDN SISIR 05 BATU
Main Author: | NISAK, CHOIRIN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30821/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-choirinnis-23309-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30821/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-choirinnis-23309-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30821/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran matematika di sekolah dasar mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam upaya untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar adalah pendekatan realistik. Melihat kondisi siswa kelas IV SDN Sisir 05 Batu dalam pembelajaran matematika pada konsep bilangan bulat, didapatkan hasil bahwa masih banyak siswa yang belum memenuhi standar Kriteria ketuntasan minimal belajar. Standar minimal nilai matematika di SDN Sisir 05 adalah 6,70, sedangkan pada tingkat Kecamatan dan Kota adalah 7,00. Kondisi yang demikian sangat berlawanan dari keadaan yang sebenarnya. Dari jumlah siswa kelas IV sebanyak 22 yang terdiri 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan, menunjukkan lebih dari 50 siswa belum tuntas. Yaitu 13 siswa atau 65% belum tuntas dan 7 siswa atau 35 % telah tuntas. Sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih, yaitu penelitian tindakan, maka penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan, yaitu berbentuk spiral dari sklus yang satu ke siklus yang berikutnya. Setiap siklus meliputi planning (rencana), action (tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). hasil penelitian pada pembelajaran matematika dengan metode simulasi maka diperoleh suatu kesimpulan bahwa terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa kelas IV SDN Sisir 05 Batu selama pembelajaran operasi hitung bilangan bulat yang disertai dengan peningkatan hasil belajar dengan memanfaatkan metode kontekstual yakni Simulasi. Terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa kelas IV SDN Sisir 05 Batu selama pembelajaran operasi hitung bilangan bulat, sehingga meningkatkan prestasi siswa, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai pada siklus 1 dan 2 yang meningkat. Dari hasil 62,5 menjadi 77.