PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI BILANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE SISWA KELAS V MI ALHIDAYAH KARANGPLOSO MALANG
Main Author: | Vitasari, Ratna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30818/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-ratnavitas-23353-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30818/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-ratnavitas-23353-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30818/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi belajar aktivitas siswa, kemampuan siswa yang tidak merata dan banyak siswa yang nilainya dibawah SKM pada mata pelajaran Matematika kelas V A MI Al-Hidayah Karangploso Malang yang masih rendah,. Hasil observasi di MI Al-Hidayah Donowarih Karangploso Malang menunjukkan bahwa siswa kelas V A memiliki hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada pelajaran matematika yang kurang maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa masalah yang muncul antara lain didalam kelas masih menggunakan metode ceramah tanpa variatif, siswa masih pasif di dalam kelas dan tidak ada interaksi antar siswa. Penyebab rendahnya hasil belajar dan aktivitas siswa tentang ini karena penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Oleh sebab itu, perlu Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share untuk mengatasi masalah tersebut. Permasalahannya Apakah dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar dan bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil beljar Materi Operasi Bilangan pecahan siswa kelas VMI Alhidayah Karangploso Malang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Operasi Bilangan Pecahan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Penelitian ini dilaksanakan dikelas V A MI Al - Hidayah Karangploso Malang dengan subjek penelitian sebanyak 27 siswa. Pelaksanan penelitian ini dimulai dari tahap proses indentifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian ini aktivitas dan hasil belajar matematika materi Operasi Bilangan pecahan. Data tersebut diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan tes. Penelitian ini menempatkan guru sebagai pengamat sedangkan peneliti sebagai pelaksanaan tindakan hal tersebut dilakukan secara kalaborasi. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi, menyajikan kemudian menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan presentase ketuntasan belajar sebelum tindakan sebesar 29,7%, siklus I 51,8 %, dan siklus II 81,4%. Dan keaktifan dalam pembelajaran juga ditunjukkan pada aktifitas guru 85 % aktivitas belajar siswa pada siklus II 75%. Dengan demikian pada materi Operasi Bilangan Pecahan dengan penerapan Model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V A MI Al-Hdayah Karangploso Malang.