PENERAPAN PEMBELAJARAN AKTIF STUDENT CREATED CASE STUDIES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA POKOK BAHASAN DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SDN BAWANG 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Main Author: | ROHMAH, DEWI SHOLIHATUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30817/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-dewisholih-23371-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30817/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-dewisholih-23371-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30817/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran IPA pokok bahasan Daur Hidup Hewan di SDN Bawang 3 Kota Kediri menunjukkan bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Keadaan ini ditunjukkan oleh hasil belajar yang dicapai siswa belum sesuai dengan KKM yang telah ditentukan oleh guru. Untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam KKM yaitu ketuntasan individual adalah 70 dan ketuntasan klasikal (KK) adalah 85%. Berdasarkan data yang telah diperoleh dari 42 siswa ketika diadakan penilaian formatif awal, 24 siswa (57,1%) mendapat nilai antara 75-90 dan 18 siswa (42,9%) mendapat nilai di bawah KKM yaitu antara 50-65. Penyebab dari rendahnya proses pembelajaran yang berlangsung cenderung berpusat pada guru (teacher centered), metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang bervariasi sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan yang dimilikinya dan membuat siswa kurang berminat dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Siswa kurang aktif dan selalu menunggu perintah dari guru untuk melakukan suatu tindakan. Hal yang demikian dapat menyebabkan rendahnya mutu belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik. Metode penugasan juga digunakan ketika tidak bisa mengajar sehingga guru memberikan tugas kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar pada daur hidup hewan melalui penerapan pembelajaran aktif Student Created Case Studies di kelas IV SDN Bawang 3 Kota Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 42 anak. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar pada setiap akhir siklus. Analisis data tes hasil belajar peserta didik dianalisis dengan menggunakan ketuntasan belajar. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa Penerapan Pembelajaran Aktif Student Created Case Studies sangat cocok digunakan pada materi daur hidup hewan. Dengan menggunakan pendekatan ini meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran yaitu keaktifan siswa pembelajaran mengalami peningkatan 14%, keberanian dalam menyampaikan pendapat (penyampaian pendapat) mengalami peningkatan sebesar 19 %, Kerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok mengalami peningkatan sebesar 12%, Interaksi guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan sebesar 20%. Sedangkan dari hasil belajar siswa diperoleh Peningkatan hasil belajar siswa kelas SDN Bawang 3 tahun ajaran 2010/2011. melalui penerapan pembelajaran aktif Student-Created Case Studies. Untuk rata-rata nilai lembar kerja kelompok mengalami peningkatan dari 73,5 pada siklus I menjadi 87,85 di siklus II, sedangkan rata-rata nilai individu meningkat dari 67,60 menjadi 79,60 dan ketuntasan klasikal meningkat 28 % dari siklus I 58% menjadi 86%. Jika dilihat dari jumlah siswa tidak tuntas menurun dari 18 siswa menjadi 6 siswa.