PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP BANGUN DATAR SISWA KELAS III MELALUI MEDIA KOTAK MISTERI DI SDN TORONGREJO 01 JUNREJO KOTA BATU
Main Author: | WIJIATI, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30810/ |
Daftar Isi:
- Pembelajaran Matematika terutama bangun datar sampai saat ini belum mencapai taraf yang optimal. Untuk mengoptimalkan pembelajaran matematika banyak faktor yang harus dipertimbangkan, salah satunya adalah pemanfaatan media kotak misteri. Supaya media kotak misteri dapat dimanfaatkan secara maksimal dalam proses pembelajaran, maka seorang guru dituntut untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan memanfaatkannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa tentang konsep bangun datar sederhana pada siswa kelas III di SDN Torongrejo 01 Junrejo Kota Batu dengan pemanfaatan media Kotak Misteri? Bagaimana penerapan media kotak misteri dapat meningkatkan kreativitas siswa tentang konsep bangun datar sederhana pada siswa kelas III di SDN Torongrejo 01 Junrejo Kota Batu?. Tujuan penelitian Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran Matematika tentang konsep bangun datar sederhana dengan memanfaatkan media Kotak Misteri di SDN Torongrejo 01 Kecamatan Junrejo Kota Batu. Untuk memberikan gambaran penerapan media Kotak Misteri dalam meningkatkan kreativitas tentang konsep bangun datar sederhana pada siswa kelas III di SDN Torongrejo 01 Kecamatan Junrejo Kota Batu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Torongrejo 01 Junrejo Kota Batu. Siswa yang menjadi subjek penelitian berjumlah 37 siswa pada tahun ajaran 2010/2011 dengan ketuntasan hanya mencapai 40% dan rata-rata keberhasilan mencapai 60,16. Rancangan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah catatan lapang, hasil observasi, hasil wawancara, foto kegiatan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan Penerapan media kotak misteri dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas hasil pembelajaran dan kreativitas siswa khususnya pembelajaran Matematika ditandai dengan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi bangun datar sesuai dengan sifat/unsurnya mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II yang diamati dengan pelaksanaan tes lisan maupun tes tulis. Peningkatan ditunjukkan dengan 1) tercapainya Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran Matematika yaitu 70. Peningkatan dari 56,76% dari 37 siswa memperoleh nilai diatas KKM pada siklus I menjadi 89,19% pada siklus II. Sedangkan 10,81% siswa yang tidak tuntas terdiri dari tiga siswa harus dilakukan remidi dan satu orang siswa yang mengalami gangguan belajar spesifik yang harus ditangani secara khusus di sekolah inklusi. Terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 11% dan siklus II sebesar 12%. 2) Siswa lebih aktif bekerjasama, berani berpendapat, dan mempunyai kecakapan dalam menyelesaikan masalah.