Peningkatan Keterampilan Menulis Aksara Jawa Menggunakan Sandhangan Wyanjana dengan Media Kartu Aksara Mata Pelajaran Bahasa Jawa Siswa Kelas IV SDN Kalicilik Kecamatan Sukosewu Bojonegoro
Main Author: | LUSTIOWATI, ESTI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30806/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-estilustio-23396-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30806/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-estilustio-23396-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30806/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berlatar belakang adanya kualitas proses pembelajaran yang masih relatif rendah yaitu 59 %. Pembelajaran juga masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang termotivasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Menulis aksara Jawa menggunakan Sandhangan Wyanjana merupakan hal yang sangat sulit bagi sebagian siswa. Kesulitan tersebut disebabkan karena dalam pembelajaran guru tidak menggunakan media yang menarik minat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran tidak berhasil secara maksimal Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka perlu dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Adapun jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV semester II di SDN Kalicilik Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 22 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan data observasi pada siklus I yaitu 65 % siswa mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus II meningkat menjadi 82 % siswa mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari hasil penelitian pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan dengan menggunakan media Kartu Aksara dapat meningkatkan keterampilan menulis Aksara Jawa siswa kelas IV SDN Kalicilik Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro pada semester II tahun pelajaran 2010/2011.