PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)UNTUK MENIN GKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN SIDODADI 2 KECAMATAN SUKOSEWU KABUPATEN BOJONEGORO

Main Author: KURNIAWATI, DIAN NOVITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30805/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-diannovita-23397-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30805/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-diannovita-23397-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30805/
Daftar Isi:
  • IPS sebagai mata pelajaran yang membekali siswa untuk berpikir kritis, kreatif serta mampu untuk bekerja sama. Sesuai dengan penelitian yang dilakukan penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS pada siswa setelah diterapkannya model team assisted individualization ( TAI ) pada kelas III di SDN Sidodadi 2 Kec. Sukosewu Kab. Bojonegoro tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian kali ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III dengan jumlah siswa 28 orang di SDN Sidodadi 2 kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro. Data diperoleh berupa hasil tes keseluruhan, Penilaian non-tes, lembar observasi teman sejawat saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Berdasarkan data analis yang diperoleh bahwa prestasi belajar siswa kelas III siswa selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I rata-rata tes formatif mencapai 61,78, rata-rata penilaian non tes 62,28 dan presentase ketuntasan belajar mencapai 57,14%. Sedangkan pada siklus ke II rata-rata tes keseluruhan 76,07, rata-rata penilaian non tes 75,14, dan presentase ketuntasan belajar 89,29%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model team assisted individualization memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas III SDN Sidodadi 2 Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro, serta model team assisted individualization ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk menyampaikan materi pembelajaran IPS.