UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA KRAMA INGGIL MATERI UNGGAH - UNGGUH BASA PADA PELAJARAN BAHASA JAWA MELALUI STRATEGI ROLE PLAYING SISWA KELAS V SDN NGRASEH KECAMATAN DANDER BOJONEGORO

Main Author: KARIYONO,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30804/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-kariyono08-23398-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30804/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-kariyono08-23398-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30804/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang pada tingkat keterampilan berbicara krama inggil siswa saat ini sangat kurang, ini terlihat kualitas proses pembelajaran yang masih relatif rendah yaitu 38 %. Keberadaan mata pelajaran bahasa Jawa sebagai mata pelajaran muatan lokal kurang mendapat perhatian dari siswa. Strategi pembelajaran yang sering digunakan kurang tepat karena pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang berperan dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Berbicara krama inggil merupakan hal yang sangat sulit bagi sebagian siswa. Kesulitan tersebut disebabkan karena strategi yang sering digunakan kurang menarik. Strategi tersebut kurang memberikan motivasi dan keterampilan siswa dalam berbicara krama inggil, karena dalam penggunaan strategi tersebut siswa kurang berperan secara aktif sehingga tujuan pembelajaran tidak berhasil secara maksimal Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka perlu dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Adapun jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V semester II di SDN Ngraseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 16 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan data observasi dan evaluasi pada siklus I adalah 56 % siswa mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus II meningkat menjadi 88 % siswa mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan melalui strategi Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara krama inggil siswa kelas V SDN Ngraseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro pada semester II tahun pelajaran 2010/2011.