PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI GAYA MELALUI METODE KERJA KELOMPOK SISWA KELAS IV SDN KUNCI II DANDER BOJONEGORO
Main Author: | SUGIHARTI, YONI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30802/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-yonisugiha-23400-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30802/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-yonisugiha-23400-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30802/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing (1),Dra. Elly Purwanti, M.P (2), Dr.Siti Inganah, M.M, M.Pd Penelitian ini berlatar belakang adanya kualitas proses pembelajaran yang masih relatif rendah yaitu 45%. Keberadaan mata pelajaran IPA kurang mendapat perhatian dari siswa karena metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Pemahaman siswa pada konsep gaya merupakan hal yang sulit bagi sebagian siswa karena dalam pembelajaran guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang menarik minat belajar siswa sehingga tujuan pembelajaran tidak berhasil secara maksimal Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka perlu dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Adapun penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan subjek penelitian siswa kelas IV semester II di SDN Kunci II Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 22 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan observasi. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan data observasi evaluasi pada siklus I 59 % siswa mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus II meningkat menjadi 86 % siswa mendapat nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian pembelajaran dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan melalui metode kerja kelompok dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SDN KUnci II Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro pada semester II tahun pelajaran 2010/2011.