PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG SEDERHANA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN SAMBONGREJO I GONDANG BOJONEGORO

Main Author: ISWAHYUDI,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30795/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-iswahyudi0-23406-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30795/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-iswahyudi0-23406-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30795/
Daftar Isi:
  • Pembimbing : (I) Dr. Yuni Pantiwati, MM, M.Pd, (II) Erna Yayuk, S.Pd Pembelajaran matematika yang selama ini terjadi di sekolah kurang membangkitkan minat dan kreativitas siswa. di kelas guru hanya menerapkan metode ceramah dan tanya jawab, sehingga siswa hanya pendengar (pasif), sedangkan guru lebih aktif dalam menentukan setiap kegiatan pembelajaran. Selama proses pembelajaran guru juga masih mendominasi, sehingga pembelajaran masih berpusat pada guru. Semua itu menjadi pemicu kurangnya pemahaman siswa pada materi yang telah diberikan. Rendahnya mutu pembelajaran dapat diartikan kurang efektifnya proses pembelajaran. Berkaitan dengan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas. Permasalahan yang diajukan adalah bagaimana penerapan pendekatan penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Sambongrejo I Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro dalam mata pelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun Ruang sederhana? Serta tujuan penelitian yang diajukan adalah mendeskripkan penerapan pendekatan penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas IV B SDN Sambongrejo I dalam mata pelajaran matematika tentang sifat-sifat bangun ruang sederhana. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas den subjek penelitian siswa kelas IV semester II di SDN Sambongrejo I Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro yang berjumlah 12 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes, observasi dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan data observasi evaluasi pada siklus I 58% siswa mencapai ketuntasan karena belum mencapai standar ketuntasan kelas yaitu 70%, maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Hasil nilai siswa pada siklus II mencapai 83% yang sudah mencapai ketuntasan, peningkatan mencapai 25%. Dari hasil siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa penelitian yang dilakukan dengan penerapan pendekatan penemuan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SDN Sambongrejo I Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2010/2011.