UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI METODE DISCOVERY MATERI ENERGI BUNYI PADA SISWA KELAS IV SDN SRSTUREJO I KEC.BAURENO KAB.BOJONEGORO

Main Author: MOH.GHOLIB,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30778/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-mohgholib0-23616-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30778/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-mohgholib0-23616-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30778/
Daftar Isi:
  • Berhasilnya tujuan pembelajaran ditentukan oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, karena guru secara langsung dapat mempengaruhi, membina dan meningkatkan kecerdasan serta keterampilan siswa. Untuk mengatasi permasalahan di atas dan guna mencapai tujuan pendidikan secara maksimal, peran guru sangat penting dan diharapkan guru memiliki cara/model mengajar yang baik dan mampu memilih model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan konsep-konsep mata pelajaran yang akan disampaikan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery)? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran penemuan (discovery) terhadap motivasi belajar siswa? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran penemuan (discovery). (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran penemuan (discovery). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN Sraturejo I Kec.Baureno Kab.Bojonegoro. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (69,00%), dan siklus II (95%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode penemuan (discovery) dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IV SDN Sraturejo I Kec.Baureno Kab.Bojonegoro, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA.