PENGGUNAAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN BIASA SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN SUKOSEWU KEC. SUKOSEWU KAB. BOJONEGORO
Main Author: | AYU S, MIMIN DYAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30777/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-mimindyaha-23618-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30777/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-mimindyaha-23618-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30777/ |
Daftar Isi:
- Pembimbing : (I) Dra. Erly Wahyuni, M.Si (II) Dr. Siti Fatimah Soenaryo, M.Pd. Matematika memegang peranan yang mendasar dalam berbagai disiplin ilmu pendidikan. Kenyataan dilapangan masih banyak siswa SD yang tidak menguasai matematika. Rendahnya motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Sukosewu Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro pada materi penjumlahan pecahan biasa disebabkan karena kurangnya kemandirian dan tanggung jawab siswa dalam melaksanakan tugas, dan kurang tepatnya metode yang selama ini digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SDN Sukosewu Kec Sukosewu Kab Bojonegoro dengan penggunaan metode resitasi. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN Sukosewu Kec Sukosewu Kab Bojonegoro dengan subyek penelitian siswa kelas IV yang berjumlah 15 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes dan non tes, penilaian dilaksanakan melalui penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada siklus I diketahui bahwa hasil prestasi siswa tentang penjumlahan pecahan biasa dengan metode resitasi adalah 47% yang mengalami ketuntasan, karena belum mencapai standar ketuntasan kelas yaitu 80% maka peneliti melanjutkan ke siklus II. Hasil prestasi siswa mencapai 87%yang sudah mencapai ketuntasan, peningkatan prestasi mencapai 40%. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode resitasi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV pada materi penjumlahan pecahan biasa di SDN Sukosewu Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro.