PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN TROJALU KECAMATAN BAURENO KABUPATEN BOJONEGORO PADA MATA PELAJARAN IPS TENTANG JUAL BELI MELALUI METODE BERMAIN PERAN
Main Author: | CHOLIK, NUR |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30770/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-nurcholik0-23619-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30770/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-nurcholik0-23619-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30770/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar sswa kelas III SDN Trojalu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro pada mata pelajaran IPS materi jual beli mendapat nilai di bawah SKM. Untuk itu guru mengadakan perubahan dari metode ceramah murni menjadi metode pembelajaran bermain peran sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini ditekankan pada hasil belajar dan motivasi siswa terhadap mata pelajaran IPS tentang jual beli. yang menjadi permasalahan adalah metode yang tepat untuk kegiatan pembelajaran siswa dalam peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang Jual beli. Lokasi penelitian ini di SDN Trojalu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Pengumpulan data menggunakan tahap-tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengumpulan data dan refleksi. Setelah selesai penyusunan hal tersebut di atas, tersusunlah hasilnya bahwa hasil belajar siswa tidak sesuai SKM bersumber dari perilaku guru. Dari kondisi ini guru memandang perlunya menerapkan model pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga hasil belajar siswa meningkat di atas SKM serta minat siswa terhadap mata pelajaran IPS meningkat. Dengan minat di atas tersebutsemoga hasil penelitian ini dapat merangsang generasi berikutnya untuk dipelajari, dilestarikan, dijaga dan dikembangkan.