PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 8 DAU KABUPATEN MALANG TAHUN 2011/2012

Main Author: ASMORO, SRI AJENG LINTANG
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30759/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-sriajengli-21884-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30759/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-sriajengli-21884-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30759/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang dilakukan penulis menunjukkan kemampuan siswa dalam menulis tergolong rendah khususnya pada aspek menulis karangan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan siswa kelas IV SD Muhammadiyah 8 DAU Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dikelas IV A dengan subjek penelitian sebanyak 20 orang. Pelaksanaan tindakan ini dimulai dari tahap identifikasi masalah, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan observasi. Kriteria ketuntasan minimum yang digunakan di sekolah tersebut adalah 65.00 Hasil penelitian ini menunjukkan pada siklus II 90% siswa telah mencapai ketuntasan dalam menulis karangan. Hal ini membuktikan bahwa penggunanaan media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan di Sekolah Dasar. Untuk itu dalam mengajarkan menulis karangan bahasa Indonesia hendaknya menggunakan gambar berseri sebagai media pembelajaran.