PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS) DI KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU

Main Author: RAHAYU, CINDY
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30756/1/jiptummb--cindyrahay-27668-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30756/2/jiptummb--cindyrahay-27668-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30756/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi biologi di SMP Muhammadiyah 06 Dau, menunjukkan bahwa pada mata pelajaran biologi di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau adalah banyak peserta didik yang tidak tuntas atau rendahnya pemahaman konsep di bawah Standar Ketuntasan Maksimum (SKM <75). Selain itu, aktivitas belajar peserta didik masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar peserta didik dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournaments) dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran biologi di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau; (2) untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan aktivitas aktivitas peserta didik di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams-Games-Tournaments). Penelitian dilaksanakan pada tanggal 21 Juli – 16 Agustus 2011. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada peserta didik di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik dilakukan dengan dua siklus yaitu dengan langkah-langkah pembelajaran: (a) tahap penyajian kelas dan guru memberikan beberapa pertanyaan terkait materi, (b) tahap belajar kelompok dengan mendiskusikan LKPD, (c) tahap games tournaments dengan aktivitas kerjasama, (d) penghargaan kelompok dengan pemberian hadiah, (e) guru memberikan kesimpulan, dan (f) guru menutup pembelajaran, (2) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas belajar peserta didik di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau. Pada pemahaman konsep/ hasil belajar terbukti dari hasil tes peserta didik pada siklus 1 presentase peserta didik yang tuntas adalah 72,28% dan mengalami peningkatan sebesar 5,29% sehingga pada siklus II adalah 77,57%. Sedangkan pada aktivitas belajar peserta didik pada siklus I presentase rata-rata keseluruhan adalah 68,56% dan mengalami peningkatan 9,45% sehingga pada siklus II adalah 78,01%.