PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X-6 SMA NEGERI 7 MALANG
Main Author: | ANTIKA, DENI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30739/1/jiptummb--deniantika-27759-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30739/2/jiptummb--deniantika-27759-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30739/ |
Daftar Isi:
- Siswa SMAN 7 Malang mempunyai permasalahan dalam hasil belajar biologi. Kurangnya minat siswa terhadap pelajaran biologi dapat mempengaruhi hasil belajar sehingga hasil belajar siswa belum memenuhi KKM sebesar 75. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa Kelas X-6 SMA Negeri 7 Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19–28 Juli 2011 dengan menggunakan dua siklus. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes dan postes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-6 SMAN 7 Malang. Penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah satu kelas yakni 36 siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata prosentase kenaikan skor pre-tes dan post-tes pada siklus I adalah 47,60% dari 50,58% pada saat pre-tes menjadi 74,66% pada post-tes dengan klasikal rata-rata ketuntasan 50%. Pada siklus II mengalami kenaikan sebesar 58,93%, dari 49,72% saat pre-tes menjadi 79,02% saat post-tes dengan rata-rata klasikal ketuntasan 91,6%. Dengan demikian nilai yang diperoleh kelas X-6 pada siklus II mencapai ketuntasan. Prosentase jawaban siswa mengenai minat terhadap pelajaran biologi sebesar (23,7%) untuk prosentase sangat setuju dan prosentase setuju (47%) sedangkan prosentase tidak setuju (23,3%) dan sangat tidak setuju (7,4%), sehingga penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas X-6 SMA Negeri 7 Malang.