FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MENABUNG DI BRI KCP UNIBRAW
Main Author: | Mahpujah, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30731/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-mahpujah09-21909-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30731/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-mahpujah09-21909-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30731/ |
Daftar Isi:
- Minat menabung dari keinginan pada umumnya adalah merupakan salah satu keinginan dari masyarakat itu sendiri untuk memanfaatkan kelebihan uangnya. Minat menabung yang tinggi tentu akan mengutungkan baik individu maupun pihak bank, namun ada kalanya minat menabung tinggi tapi tingkat pendapatan yang rendah, tentunya akan mempengaruhi minat menabung tersebut. Seperti diketahui bahwa tingkat tabungan masyarakat dipengaruhi oleh faktor ekonomi yakni berhubungan dengan tingkat pendapatan masyarakat, makin tinggi tingkat pendapatan, makin tinggi pula jumlah tabungannya. Penelitian ini bertujuan untuk faktor yang dianggap mempengaruhi minat menabung masyarakat pada BRI Kantor Cabang Pembantu Unibraw Malang antara lain : hadiah, bunga, pendapatan, dan pelayanan, dan untuk mengetahui faktor manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat masyarakat untuk menabung di BRI Kantor Cabang Pembantu Unibraw Malang. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis regresi berganda, variabel hadiah, bunga, pendapatan dan pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap minat menabung pada di BRI KCP Unibraw Malang. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap minat menabung di BRI KCP Unibraw Malang adalah hadiah. Sehubungan dengan hal itu pihak Bank hendaknya tetap mempertahankan hadiah, bunga, pendapatan dan pelayanan, sebab dengan persaingan yang semakin tajam maka perbankan harus peka terhadap perubahan selera konsumen terutama gaya hidup masyarakat yang selalu mengikuti trend dan sebaiknya melakukan survey kepada nasabah, tentang hadiah apa yang diinginkan oleh nasabah sehingga nantinya akan memotivasi nasabah untuk tetap menyimpan dananya dan oleh pihak Bank Rakyat Indonesia dapat dijadikan rumusan kebijakan di masa yang akan datang.