PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIIB SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG
Main Author: | SHOLIHAH, ZAKIATUS |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30730/1/jiptummpp-gdl-zakiatussh-28360-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30730/2/jiptummpp-gdl-zakiatussh-28360-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30730/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di sekolah SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang pada siswa kelas VIIB saat dilakukan proses pembelajaran oleh guru diketahui oleh adanya beberapa permasalahan ditemui antara lain: 1) Motivasi belajar siswa masih rendah, hal ini ditunjukkan dengan kategori motivasi belajar siswa dengan kategori tinggi 9 siswa (34%), kategori sedang 13 siswa (48%), dan kategori rendah 5 siswa (19%) terlihat dari sikap siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, berbicara sendiri. 2) pada saat guru memberikan tugas untuk diselesaikan, siswa dengan karakteristik yang sama cenderung untuk mengelompok menjadi satu, termasuk siswa yang merasa cenderung memiliki kemampuan yang sama juga mengelompok menjadi satu sehingga terbentuk kelompok-kelompok homogen yang tidak seimbang. Hal ini dapat dilihat nilai rata-rata kelas masih di bawah nilai KKM (< 75) dan tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM), dimana nilai KKM untuk kelas VII adalah 75. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasi belajar siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa hasil motivasi pada kategori sangat tinggi dari siklus 1 meningkat pada siklus 2 dengan prosentase 59,3% naik menjadi 81,5%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan prosentase 66,7% dan di siklus 2 menjadi meningkat dengan prosentase 85,9% dengan selisih prosentase ketuntasan klasikal dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 18,5%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe think talk write (TTW) pada siswa kelas VIIB SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi ciri-ciri makhluk hidup.