PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI METODE GROUP RESUME PADA SISWA KELAS VIII C SMP MUHAMMADIYAH 8 BATU TAHUN AJARAN 2011/2012

Main Author: SURYANI, RETNO
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30709/1/jiptummpp-gdl-retnosurya-28362-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30709/2/jiptummpp-gdl-retnosurya-28362-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30709/
Daftar Isi:
  • Hasil observasi peneliti di kelas VIII C SMP Muhammadiyah 8 Batu menunjukkan bahwa guru belum pernah menggunakan metode group resume dalam kegiatan belajar mengajarnya. Tidak semua siswa mudah untuk menangkap apa yang dijelaskan oleh guru. Hal itu membuat hasil belajar siswa tidak mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik masih belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar biologi melalui metode group resume pada siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 8 Batu tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan tiga kali pertemuan pada setiap siklusnya. Metode yang digunakan adalah metode group resume. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep pada siklus 2. Rata-rata prosentase pada siklus 1 yaitu 64, sedangkan pada siklus 2 sebesar 72 dengan skor idealnya 70. Sedangkan hasil belajar biologi siswa juga meningkat. Prosentase kelulusan pada siklus 1 yaitu 67,74% dan pada siklus 2 74,9% dengan SKM 70.