EVALUASI SISTEM PENGENDALIAN INTERN TERHADAP PEMBERIAN DAN PELUNASAN KREDIT (Studi Kasus Pada PT. BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang)
Main Author: | DEWI, AGUSTINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30685/1/jiptummb--agustinade-27287-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30685/2/jiptummb--agustinade-27287-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30685/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bersifat studi kasus atau penelitian lapangan yakni melakukan observasi yang mendalam terhadap suatu obyek penelitian, dengan judul penelitian yaitu: Evaluasi Sistem Pengendalian intern Terhadap Pemberian Dan Pelunasan Kredit” (Studi Kasus Pada PT BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang). Kegunaan penelitian yang ingin dicapai khususnya bagi perusahaan Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam membantu pemecahan masalah yang dihadapi oleh PT BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang. Hasil evaluasi stuktur organisasi perusahaan dapat diketahui bahwa selama ini fungsi kredit terpisah dari bagian akuntansi dan dapat diketahui bahwa tidak terdapat transaksi yang dilaksanakan secara lengkap oleh hanya satu fungsi saja. Hasil evaluasi sistem dan prosedur sediaan menunjukkan bahwa barang sediaan merupakan aktiva yang dimiliki perusahaan dan digunakan oleh perusahaan untuk melakukan aktivitas usahanya. Apabila dilihat dari aktivitas bagian-bagian yang terkait dengan sistem dan prosedur pemberian kredit PT BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang, terlihat bahwa pemisahan tugas dari tiap bagian sudah cukup jelas. Hasil evaluasi analisis praktik yang sehat dapat membuktikan bahwa PT BPR Gunung Ringgit Dinoyo telah melakukan praktek yang sehat dalam proses pengendalian prosedur kredit yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil evaluasi atas karyawan yang berkompeten dan jujur tersebut maka dapat dikatakan bahwa selama ini PT BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang telah mencerminkan sistem pengendalian intern secara tepat. Setelah diterima sebagai karyawan maka akan dilakukan training selama 3 bulan. Selanjutnya pihak manajemen bank telah melakukan atau melaksanakan program pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kemampuan karyawan sesuai dengan kebutuhan pekerjaannya dan secara berkala dilakukan rotasi dan analisis jabatan untuk menetapkan standar jabatan sehingga mereka dapat bekerja secara lebih profesional. Saran yang diberikan kepada perusahaan yaitu diharapkan PT BPR Gunung Ringgit Dinoyo Malang dalam pembuatan Perjanjian Kredit (PK) dilakukan secara tepat waktu, diharapkan pihak manajemen untuk melengkapi beberapa atribut penting dalam formulir wawancara yang diantaranya yaitu logo perusahaan, nomor identifikasi, nomor urut tercetak, dan alamat perusahaan yang jelas, dengan harapan informasi yang dihasilkan lebih jelas dan meningkatkan efektivitas atas prosedur pemberian dan pelunasan kredit yang ditetapkan diharapkan didukung oleh keberadaan para karyawan yang berkompeten.