PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Listing di BEI tahun 2009 sampai dengan tahun 2010)
Main Author: | AYUNINGSIH, PUTRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30678/1/jiptummb--putriayuni-27452-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30678/2/jiptummb--putriayuni-27452-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30678/ |
Daftar Isi:
- Corporate social responsibility merupakan hal yang cukup penting bagi citra atau reputasi perusahaan, terutama untuk jangka panjang perusahaan yang dapat memberi kontribusi cukup berarti dalam pengembangan berkelanjutan perusahaan. Dalam melaksanakan CSR, perusahaan mempunyai beberapa motif diantaranya motif untuk mendapatkan keuntungan, untuk mengurangi ancaman atau tekanan dari pemerintah atau aktivis LSM dan kesadaran moral tanpa pamrih untuk mendapatkan keuntungan finansial, perusahaan secara sadar merespon kebutuhan akan pentingnya perhatian pada lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap profitabilitas perusahaan manufaktur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan data sekunder dan teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi yang diperoleh dari laporan keuangan dan laporan tahunan perusahaan manufaktur. Untuk mendeskripsikan pengungkapan CSR dan profitabilitas menggunakan stastistik deskriptif, sedangkan model penelitian diestimasi dengan menggunakan persamaan regresi sederhana dan untuk menguji variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dengan menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel independen yaitu pengungkapan CSR secara parsial tidak berpengaruh terhadap profitabilitas.