PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP 1 MARON PROBOLINGGO

Main Author: YANTI, YUNITA RUSILA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30677/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-yunitarusi-24073-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30677/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-yunitarusi-24073-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30677/
Daftar Isi:
  • SMP Negeri 1 Maron telah merealisasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sejak tahun 2006. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMP Negeri 1 Maron penerapan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik KTSP belum terlaksana secara maksimal. Model pembelajaran yang biasa diterapkan di SMP Negeri 1 Maron masih bersifat teacher center sehingga siswa tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan berfikir kritisnya.untuk memperbaiki kondisi tersebut maka disusun suatu pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Problem Based Learning yang merupakan suatu model pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep dari materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Maron melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-C SMP Negeri 1 Maron yang berjumlah 43 siswa. Data dalam penelitian ini berupa kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa yang diperoleh dari pengambilan data berupa hasil tes akhir siklus terhadap siswa pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning pada mata pelajaran biologi dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa kelas VII-C SMP 1 Maron dengan tingkat kenaikan 18,96%. Sedangkan untuk hasil belajar siswa pada siklus I 65,11% dan di siklus II 88,37% dengan selisih persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 23,26%. Pada ranah afektif, siklus I jumlah siswa yang memperoleh katagori baik sebanyak 13 siswa, sedangkan siklus II menjadi 19 siswa. Dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran biologi pada siswa kelas VII-C SMP 1 Maron dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar biologi siswa.