PENERAPAN PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA KELAS VII-B DI SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU MALANG

Main Author: NURHALA, SEPTIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30674/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-septinnurh-24078-BAB%2BI.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30674/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-septinnurh-24078-PENDAHUL-N.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30674/
Daftar Isi:
  • Permasalahan pembelajaran biologi di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang diantaranya adalah aktivitas belajar khususnya aktivitas belajar peserta didik masih tergolong rendah sehingga mempengaruhi pemahaman konsep/ hasil belajar (hasil belajar belum memenuhi SKM (Standar Ketuntasan Minimal) sebesar 65). Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mendiskripsikan bagaimana penerapan pembelajara talking stick dalam upaya meningkatkan aktivitas peserta didik dan pemahaman konsep peserta didik dalam proses pembelajaran biologi pada kelas VII-B di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang dan untuk mendiskripsikan bagaimana peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik kelas VII-B di SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang dengan menggunakan pembelajaran talking stick Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 26 mei- 01 juni 2011 dengan mengunakan dua siklus dengan empat kali pertemuan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Penerapan pembelajaran talking stick pada peserta didik kelas VII-B SMP Muhammadiyah 06 Dau Malang dalam upaya meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik dilakukan dengan dua siklus yaitu dengan langkah-langkah pembelajaran: (1) pembentukan kelompok oleh guru, (2) pembagian lembar LKPD dan lembar uraian materi pada setiap peserta didik, (3) guru menyebutkan alokasi waktu pada masing-masing langkah dalam pembelajaran, (4) diskusi kelompok, (5) pemberian pertanyaan dan penunjukan dengan tongkat oleh guru, (6) guru membimbing peserta didik menarik kesimpulan dengan peta konsep, (7) pemberian reward kepada peserta didik, (8) guru menutup pembelajaran. Pada penelitian ini juga terjadi peningkatan aktivitas dan pemahaman konsep/hasil belajar. Pada aktivitas terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu pada aktivitas berdiskusi peningkatan sebesar 1,89% karena pada siklus 1 sebesar 77,27 dan meningkat menjadi 79,16 pada siklus 2. Untuk aktivitas menjawab pertanyaan mengalami peningkatan sebesar 2,09%, karena pada siklus 1 sebesar 66,66% dan meningkat menjadi 68,75% pada siklus 2. Sedangkan aktivitas membuat kesimpulan mengalami penigkatan sebesar 40,91%, karena pada siklus 1 sebesar 59,09 dan mengalami peningkatan pada siklus 2 sebesar 100%. Pada pemahamn konsep peserta didik pada siklus 1 mengalami ketuntasan klasikal sebesar 63,63% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 14 dari 22 peserta didik sedangkan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu menjadi 95,83% ketuntasan klasikal dengan peserta didik yang tuntas sebanyak 23 dari jumlah keseluruhan 24 peserta didik. Sehingga bisa disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik pada pelajaran biologi kelas VII. Kata Kunci: Talking Stick, Aktivitas dan Pemahaman Konsep, SMP Muhammadiyah 06 DAU Malang.