PERBEDAAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING ANTARA TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) DENGAN TIPE NUMBER HEAD TOGHETHER ( NHT ) PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG TAHUN AJARAN 2011/ 2012
Main Author: | RULIANA, DEVI IKA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30668/1/jiptummb--deviikarul-27867-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30668/2/jiptummb--deviikarul-27867-1-pendahul-w.pdf http://eprints.umm.ac.id/30668/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia pendidikan saat ini kualitas pembelajaran baik penguasaan materi maupun metode pembelajaran selalu diupayakan. Salah satu cara guru dalam pengupayaan tersebut adalah dengan menciptakan situasi belajar yang sedemikian rupa. Melalui pembelajaran kooperatif guru dapat mengelola kelas dengan lebih efektif. Metode NHT (Number Head Toghether ) dan Metode STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan metode pembelajaran kooperatif yang mempunyai kelebihan, kekurangan dan sintaks yang berbeda. Menggunakan dua metode yang berbeda supaya mengetahui efektif metode NHT atau metode STAD. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil dan aktivitas siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Malang antara menggunakan metode pembelajaran NHT dengan yang menggunakan metode STAD serta untuk mengetahui metode yang menunjukkan hasil belajar biologi yang lebih tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah : Two Group, Pretest posttest design. Teknik populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Malang. Pada penelitian ini sampel yang dilakukan dengan cara teknik random sampling. analisis data dengan menggunakan uji t dua sampel bebas Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe NHT dengan tipe STAD dengn nilai t hitung > t tabel yaitu 1,79 > 1,70 serta ada perbedaan aktivitas belajar biologi antara siswa yang diajarkan dengan nilai t hitung < t tabel yaitu 2,8 < 2,13. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar biologi antara siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe NHT lebih baik dari siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning) tipe STAD.