PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBUAT PERTANYAAN DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII-C SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU
Main Author: | SHOLEHA, RABIATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30667/1/jiptummb--rabiatulsh-27868-2-babi.pdf http://eprints.umm.ac.id/30667/2/jiptummb--rabiatulsh-27868-1-pendahul-n.pdf http://eprints.umm.ac.id/30667/ |
Daftar Isi:
- Model pembelajaran kooperatif adalah salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa, meningkatkan interaksi, meningkatkan pengusaan siswa terhadap materi pembelajaran dan akan meningkatakan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Snowball Throwing melatih siswa untuk lebih tanggap menerima pesan dari orang lain, dan menyampaikan pesan tersebut kepada temannya dalam satu kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan siswa dalam membuat pertanyaan dan hasil belajar Biologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada tanggal 29 Maret – 20 April 2011. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi dan tes untuk melihat hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan keterampilan siswa membuat pertanyaan melalui aktivitas membuat pertanyaan dari masing-masing siswa dari siklus I sampai siklus II. Kriteria penilaian keterampilan membuat pertanyaan meliputi aspek jenis pertanyaan, bahasa dan relevansi pertanyaan dengan skor 4, 3, 2, dan 1. Hasil belajar dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan hal ini terlihat dari persentase rata-rata hasil belajar siswa yakni pada siklus I sebesar 66%, sedangkan pada siklus ke II mengalami peningkatan menjadi 88%. Berdasarkan persentase ini penerapan pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal ini membuktikan bahwa pemahaman materi siswa meningkat.