PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN PEMBERDAYAAN BERPIKIR MELALUI PERTANYAAN (PBMP) DALAM METODE EKSPERIMEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MARON KABUPATEN PROBOLINGGO

Main Author: SARI, KURNIA DEWI PERMATA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30664/1/jiptummb--kurniadewi-27878-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30664/2/jiptummb--kurniadewi-27878-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30664/
Daftar Isi:
  • Salah satu kesulitan yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran IPA di SMAN 1 Maron Kabupaten Probolinggo adalah membuat siswa aktif baik bertanya maupun menjawab pertanyaan tingkat tinggi. Hal ini penting untuk memberdayakan kemampuan berpikir siswa terutama kemampuan berpikir tingkat tinggi kemampuan berpikir yang baik dari siswa adalah salah satu faktor yang dapat membantu dalam peningkatan pemahaman konsep. Salah satu pembelajaran yang memberdayakan kemampuan berpikir siswa dalam pertanyaan-pertanyaan adalah Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (PBMP) dengan menggunakan Metode Eksperimen, hasil belajar biologi kelas X menunjukkan nilai rata-rata kelas masih dibawah nilai KKM (>70). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pemberdayaan berpikir tingkat tinggi (PBMP) dalam metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Maron Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dan dikemas dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa sebanyak 28 di SMA Negeri 1 Maron Kab. Probolinggo. Data-data diperoleh melalui observasi yang dilakukan oleh pengamat selama kegiatan pembelajaran berlangsung untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan hasil belajar setelah menggunakan penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan Hasil Belajar siswa pada pelajaran Biologi pokok bahasan Perusakan Lingkungan kelas X di SMA Negeri 1 Maron Kab. Probolinggo. Pada kemampuan berpikir tingkat tinggi mengalami peningkatan dari siklus 1 10,7% dan siklus II 35,71 yang ditunjukkan dengan peningkatan tingkat kompetensi kognitif. Hasil analisa data diperoleh keberhasilan belajar pada siklus I sebesar 67,85% dan siklus II 92,8% hal ini menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar.