PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X-5 SMA BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

Main Author: Sari, Dian Aulia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.umm.ac.id/30659/1/jiptummpp-gdl-dianaulias-28768-2-babi.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30659/2/jiptummpp-gdl-dianaulias-28768-1-pendahul-n.pdf
http://eprints.umm.ac.id/30659/
Daftar Isi:
  • Pendidikan memegang peranan penting dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan metode yang digunakan guru cenderung metode ceramah, seperti halnya strategi yang sering diterapkan dalam pembelajaran biologi di SMA Brawijaya Smart School Malang. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tetang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan model Numbered Heads Together (NHT) Tujuan Penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas X-5 SMA Brawjiya smart school malang Jenis Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Indikator keberhasilan tindakan dapat dilihat dari peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I – II. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Mei – 26 Mei 2011 di SMA Brawijaya Smart School Malang. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-5 yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan pos test, catatan lapang dan lembar observasi. Hasil belajar dianalisis dengan menggunakan ketuntasan belajar. Ketuntasan belajar masing-masing siswa disesuaikan dengan KKM sekolah yaitu ≥75. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I meningkat pada siklus II dengan prosentase dari 66,9% naik menjadi 83,04%. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I tuntas sebanyak 60,71% dengan rata-rata nilai 70,86 meningkat pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas mencapai 92,85% dengan rata-rata nilai 92,54. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-5 SMA Brawijaya Smart School Malang. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran NHT perlu dilaksanakan guru untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.