PENERAPAN PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN DIKELAS VIII-B SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG
Main Author: | WAHYUNI, SRI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.umm.ac.id/30657/1/jiptummpp-gdl-s1-2011-sriwahyuni-21965-BAB%2BI.pdf http://eprints.umm.ac.id/30657/2/jiptummpp-gdl-s1-2011-sriwahyuni-21965-PENDAHUL-N.pdf http://eprints.umm.ac.id/30657/ |
Daftar Isi:
- Kualitas kehidupan bangsa sangat ditentukan oleh faktor pendidikan, maka pembaharuan pendidikan harus selalu dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional. Oleh karena itu pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas, damai, terbuka dan demokratis. Salah satu bentuk yang dilakukan oleh pemerintah dalam hal peningkatan kualitas pendidikan adalah dengan penyempurnaan kurikulum. Berdasarkan hasil pengamatan terhadap proses belajar mengajar biologi kelas VIII-B SMP Muhammadiyah 1 Malang adalah siswa diajarkan dengan pembelajaran konvensional melebihi 50%, jika guru mengajukan pertanyaan hanya ada beberapa siswa saja yang sering menjawab pertanyaan guru, sebagian besar siswa tidak menyukai pelajaran biologi, dan jika guru mengadakan permainan, maka siswa akan lebih senang, akan tetapi permainan yang membuat mereka bisa berkolaborasi antara yang pintar dan yang rendah belum pernah diterapkan. Oleh karena itu perlu diterapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan akar permasalahan agar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, yaitu dengan pembelajaran Team Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan penerapan pembelajaran TGT berupa aktivitas belajar siswa, (2) mengetahui peningkatan penerapan pembelajaran TGT berupa hasil belajar siswa, dan (3) mengetahui proses penerapan pembelajaran TGT berupa aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa berupa aktivitas kerja sama kelas VIII-B SMP Muhammadiyah I Malang materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yaitu dapat ditunjukkan dengan hasil secara klasikal dari siklus I sebanyak 83,33% (tuntas) dan 16,67% (tidak tuntas). Sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 91,67% (tuntas) dan 8,33% (tidak tuntas), (2) Penerapan pembelajaran TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-B SMP Muhammadiyah I Malang pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan yaitu dari siklus I sebesar 64,52% (tuntas) dan 35,48 (tidak tuntas) kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 83,87% (tuntas) dan 16,13 (tidak tuntas) .